Tugas 3: Jaringan Komputer (Bag. 1)

on Senin, 22 April 2013
Komponen Hardware 
1. Switch Bridge

Fungsinya adalah untuk meneruskan atau memperluas jaringan. Keunggulannya adalah sudah memakai alamat-alamat untuk mengirim data supaya sampai ketujuan.










 2. Repeater

Fungsinya adalah alat yang dapat memperpanjang atau melanjutkan rentang jaringan, agar dapat menciptakan sinyal jaringan yang luas.
Keunggulannya adalah dapat menguatkan sinyal hand phone.






3. Router


Fungsinya adalah sebagai penghubung antar dua atau lebih jaringan untuk meneruskan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.
Keunggulannya adalah dalam perawatannya atau pemeliharaannya, router lebih mudah diperbaiki. Dan juga harganya relatif murah.






4. Acces Point


Fungsinya sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel, di access point inilah koneksi data/internet dipancarkan atau dikirim melalui gelombang radio, ukuran kekuatan sinyal juga mempengaruhi area coverage yang akan dijangkau, semakin besar kekuatan sinyal (ukurannya dalam satuan dBm atau mW) semakin luas jangkauannya. 





5. Kabel UTP


Fungsi kabel UTP yaitu digunakan sebagai kabel jaringan LAN (Local Area Network) pada sistem jaringan komputer, dan biasanya kabel UTP mempunyai impedansi kurang lebih 100 ohm, serta dibagi menjadi beberapa kategori berdasarkan kemampuannya sebagai penghantar data. 






6. PC

Fungsi PC adalah sebagai sarana untuk user agar dapat berinteraksi dengan software maupun internet. PC masih memiliki banyak funsi lainnya dalam kehidupan sehari-hari.










7. Hub
Fungsinya adalah dapat menghubungkan komputer pada topologi jaringan dan dapat mengatur data yang masuk maupun keluar di topologi jaringan.Keunggulannya adalah dapat menghubungkan beberapa komputer.








8. Connector

Connector adalah Perangkat keras yang digunakan untuk menghubungkan kabel dengan komputer , untuk jaringan komputer dikenal dengan Istilah RJ45 yang merupakan konektor standar untuk kabel Ethernet Categori 5, serta biasanya digunakan untuk Kabel UTP.








sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jika sekiranya informasi yang saya berikan berguna buat kalian, silahkan isi kotak komentarnya :D