SOCIAL NETWORK, DIDUKUNG ATAU DITOLAK?

on Selasa, 07 Desember 2010
Pada dasarnya manusia adalah makhluk hidup yang paling cerdas yang pernah Tuhan ciptakan selain hewan dan tumbuhan. Itu disebabkan karena manusia mempunyai akal. Tidak seperti hewan dan tumbuhan. Hewan mempunyai otak, demikian juga manusia. Namun otak yang dimiliki oleh hewan hanya sebatas untuk berpikir bagaimana caranya bertahan hidup dan berkembang biak. Sama halnya seperi tumbuhan, tumbuhan tidak memikirkan sekolah, belanja, dan hal-hal lain yang biasa dilakukan manusia. Tumbuhan hanya bisa tumbuh dan menghidupi semua makhluk di dunia ini, termasuk manusia. Itulah sebabnya kita harus bersyukur karena kita adalah makhluk yang spesial diantara makhluk-makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa.


Tuhan menciptakan manusia sebuah otak tidak hanya sebagai “pajangan tubuh”. Tuhan memberikan kita otak agar kita bisa mempergunakannya untuk berpikir. Tujuan manusia berpikir adalah untuk mencari jalan keluar dari permasalahan yang sedang manusia itu alami. Otak adalah organ manusia yang paling spesial diantara organ-organ yang lain. Jika otak kita bermasalah, maka akan mempengaruhi kinerja organ-organ lain yang ada di tubuh kita. Karena otak adalah pusat perintah dari seluruh tubuh dan pusat informasi ke seluruh tubuh. Oleh karena itu, jagalah otak kita. Bukan dengan cara memakai helm setiap saat. Helm diperlukan ketika kita sedang mengendarai sepeda motor atau sepeda. Dan juga untuk orang-orang yang bekerja di kontraktor bangunan. Cara menjaga otak kita tetap sehat adalah dengan cara makan makanan yang bergizi, cukup olahraga dan istirahat. Hindari rokok dan minuman keras. Dan yang paling penting adalah membaca minimal satu halaman buku setiap hari. Jika hal-hal tersebut dilakukan, maka otak kita akan semakin sehat dan semakin encer.


Semua penemuan yang ada di dunia ini adalah hasil dari pemikiran manusia. Dari otak manusia. Alexander Graham Bell dengan telepon ciptaannya. Thomas Alva Edison dengan lampu ciptaannya. Anak bangsa pun tidak mau ketinggalan, Burhanudin Jusuf Habibie atau yang biasa disapa B.J. Habibie menemukan teori, faktor dan metode Habibie dalam teknologi pesawat terbang. Semua hasil penemuan dari seluruh dunia ini bersumber dari suatu gagasan yang dikelola oleh otak. Sungguh organ yang luar biasa.


Dari banyak penemuan-penemuan yang telah ditemukan oleh para manusia hebat, ditemukan salah satu benda yang sangat luar biasa. Benda itu bernama komputer. Komputer adalah suatu alat yang digunakan untuk menghitung, memproses dan menghasilkan informasi yang kita butuhkan. Pada dasarnya komputer terbagi menjadi empat generasi.


Komputer generasi pertama (1946-1959) ditemukan oleh Dr. John V. Atanasoff. Komputer generasi pertama ditandai dengan digunakannya vacuum tube atau tabung hampa udara sebagai komponen dalam komputer. Ukuran komputer generasi pertama juga masih terlampau besar. Lebih cepat mengeluarkan panas, lambat memproses data, dan memerlukan daya listrik yang besar.


Pada tahun 1959-1964, komputer generasi pertama telah dikembangkan menjadi komputer generasi kedua. Pada generasi ini, komponen vacuum tube atau tabung hampa udara telah diganti oleh transistor. Komputer generasi kedua juga telah menggunakan bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti COBOL dan FORTRAN. Dari segi kapasitas, kecepatan dan sumber energi, komputer generasi kedua lebih sempurna dibandingkan dengan komputer generasi pertama. Aplikasi pada komputer generasi kedua berorientasi bisnis dan teknik.


Pada generasi ketiga (1964-1970), komponen transistor pada komputer generasi kedua telah diganti oleh IC (Integrated Circuit) atau komponen yang terintegrasi. Ukuran fisik komputer generasi ketiga juga lebih kecil dibandingkan komputer generasi kedua. Memori lebih besar, daya listrik jauh lebih rendah, dan proses yang lebih cepat dibandingkan dengan komputer generasi kedua. Dalam komputer generasi ketiga ini, banyak bermunculan software atau aplikasi baru.


Pada komputer generasi keempat (1970-1990), telah dikembangkan mikro komputer dengan penggunaan mikro prosessor. Pada generasi keempat juga telah menggunakan chip dan LSI (Large Scale Integration). Ukuran fisik komputer generasi keempat tidak jauh berbeda dengan komputer generasi ketiga.


Disinilah kita berada, pada komputer generasi kelima (1990-an). Generasi kelima juga biasa disebut dengan generasi Pentium. Perkembangan komputer pada generasi ini sangat berkembang daripada generasi-generasi terdahulu. Perkembangan komputer pada generasi kelima telah melampaui kecerdasan manusia atau biasa dikenal sebagai AI (Artificial Intelegence). Salah satunya adalah terciptanya banyak robot di seluruh dunia dan robot yang paling terkenal adalah robot ASIMO buatan negeri sakura, Jepang.


Berdasarkan situs resmi Honda, ASIMO merupakan robot humanoid buatan Honda. Dengan tinggi 130 sentimeter dan berat 54 kilogram, penampilan robot ini menyerupai seorang astronot dengan baju astronotnya yang membawa ransel. ASIMO dapat berjalan dengan dua kaki dengan gaya berjalan yang menyerupai manusia hingga kecepatan 6 km/jam. ASIMO diciptakan pada Pusat Penelitian dan Pengembangan Honda Pusat Penelitian Teknik Fundamental Wako di Jepang. Model yang sekarang merupakan versi sebelas, semenjak dimulainya proyek ASIMO pada 1986.


Pada robot ASIMO model tahun 200-an, Honda menambahkan banyak fitur yang semakin “memanusiakan” Asimo. Robot ASIMO bisa mengenali pergerakan suatu benda dengan menggunakan informasi visual dari kamera yang terpasang di kepalanya. ASIMO juga mampu mengikuti pergerakan orang dengan kamera, mengikuti seseorang, atau menyapa seseoramh ketika dia mendekat.


ASIMO juga dapat menafsirkan posisi dan pergerakan tangan, serta mengenali postur dan gerakan. ASIMO dapat bereaksi dan diarahkan tidak hanya dengan perintah suara, tetapi juga dengan berbagai gerakan alami manusia. Hal ini memungkinkan untuk, misalnya, mengenali kapan jabat tangan ditawarkan atau kapan seseorang melambaikan tangan dan ASIMO menanggapi dengan tepat. Ia juga dapat mengenali pergerakan arah seperti menunjuk.


ASIMO dapat mengenali objek dan situasi dari lingkungannya dan bertindak dengan cara yang aman bagi dia sendiri maupun orang di dekatnya. Sebagai contoh, mengenali bahaya potensial seperti tangga, dan menghindari memukul manusia atau benda bergerak lainnya.


ASIMO berkemampuan untuk mengidentifikasi sumber suara dan dapat membedakan antara suara manusia dan suara lainnya. Hal ini dapat menanggapi panggilan namanya, mengenali wajah orang ketika sedang diajak bicara, dan mengenali suara yang tidak biasa seperti suara dari sebuah objek jatuh atau tabrakan, dan memalingkan wajah ke arah itu. ASIMO juga dapat menjawab pertanyaan, baik dengan mengangguk singkat, menggelengkan kepala atau menjawab secara lisan.


ASIMO memiliki kemampuan untuk mengenali wajah, bahkan ketika ASIMO atau manusia sedang bergerak. Secara individual ASIMO dapat mengenali kurang lebih 10 wajah yang berbeda dan mengenali nama pemilik wajah jika sudah terdaftar sebelumnya.


Pada generasi baru asimo terdapat beberapa penambahan dengan makin berkembangnya teknologi .Honda memang mempersiapkan ASIMO bisa hidup berdampingan secara harmonis dengan manusia dan menjadi mitra yang mampu meningkatkan kualitas kehidupan manusia. Kenyataan itu semakin dekat ketika Honda Motor Co., pertengahan Desember 2004 mengumumkan “kelahiran” robot humanoid generasi terbaru. Pengembangan teknologi tersebut berfokus pada level baru teknologi mobilitas yang meningkatkan fungsi dan kemampuannya dalam berinteraksi dengan manusia melalui proses informasi dan reaksi yang lebih cepat sesuai situasi dunia nyata.


Teknologi Posture Control yang memungkinkan ASIMO berlari selayaknya manusia, teknologi Autonomous Continuous Movement yang membuatnya memiliki daya jelajah hingga mencapai tempat yang dituju, daya pandang yang lebih luas, dan teknologi sensor memungkinkan robot itu berinteraksi secara lebih halus dengan manusia.


Kombinasi antara perangkat keras hasil pengembangan terbaru untuk respon tingkat tinggi dengan teknologi Posture Control memungkinkan ASIMO secara proaktif membungkuk atau memutar perutnya untuk menjaga keseimbangan dan menghindarkan kemungkinan kaki tergelincir atau terpelanting pada saat melakukan gerakan dengan kecepatan tinggi. ASIMO kini juga mampu berlari dengan kecepatan 3 kilometer per jam. Kecepatan berjalannya juga sudah ditingkatkan dari 1,6 kilometer per jam menjadi 2,5 kilometer per jam.


ASIMO generasi baru dapat bermanuver ketika melakukan perjalanan ke tempat yang dituju tanpa harus berhenti untuk melakukan perbandingan deviasi antara input jalur yang terprogram dengan informasi yang diperoleh tentang area sekitarnya, tentunya dengan sensor permukaan jalan. Lebih dari itu, ASIMO kini dapat secara independen mengubah jalur perjalanannya ketika sensor permukaan jalan dan sensor visual yang terletak di kepalanya mendeteksi adanya rintangan.


Dengan mendeteksi gerakan manusia melalui sensor visual di bagian kepala dan sensor tenaga (kinestetik) yang baru ditambahkan di pergelangan tangannya, ASIMO kini dapat bergerak secara sinkron dengan manusia, sekaligus menerima dan menyerahkan sebuah barang, reaksi jabat tangan yang bersamaan dengan gerakan seseorang, dan melangkah maju atau mundur sebagai reaksi dari apabila tangannya ditarik atau didorong. Hingga mencapai teknologi terbaru ini, Honda akan meneruskan pengembangan ASIMO sehingga suatu saat dapat berguna bagi umat manusia.


Untuk menangkap pesan “lari”, dua masalah harus telebih dulu diselesaikan. Yang pertama adalah lompatan yang akurat serta serapan tenaga akibat menginjak permukaan, dan yang kedua adalah pencegahan agar tidak tergelincir atau terpelanting saat melakukan gerakan dengan kecepatan tinggi.


Untuk berlari, sebuah robot harus mampu mengulangi gerakan mendorong dirinya dari permukaan, mengayunkan kakinya ke depan serta mendarat dalam durasi siklus yang cukup pendek tanpa jeda waktu, dan menyerap secara langsung dampak goncangan pada saat kaki mendarat. Dengan perangkat kecepatan tingkat tinggi yang baru saja dikembangkan, motor penggerak yang sangat responsif dan bertenaga sebagai tambahan untuk struktur kaki yang ringan, Honda telah menemukan perangkat keras yang sangat akurat dan responsif dengan tingkat performa empat kali lebih cepat dibanding model sebelumnya.


ASIMO adalah robot yang menyerupai manusia. Bahkan hampir sesempurna manusia. Inilah bukti perkembangan teknologi yang sedang terjadi di dunia. Hal ini terjadi karena manusia telah menciptakan kecerdasan buatan yang biasa disebut dengan AI (Artificial telegence).


Satu lagi bukti perkembangan teknologi yang sedang “booming” di dunia. Menjamurnya fasilitas internet di masyarakat. Dahulu, internet diciptakan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat demi kepentingan militer. Namun saat ini hampir semua orang di bumi pernah mencoba fasilitas internet ini.


Pertama kali saya mengenal internet adalah ketika saya duduk di kelas VIII. Saya diperkenalkan dengan internet. Awalnya saya tidak tahu sama sekali tentang internet. Website pertama yang pernah saya buka adalah Google karena guru saya menugaskan saya dan teman-teman saya yang lain untuk mencari sebuah gambar dan menyimpannya di disket, tempat penyimpanan yang saat ini jarang dipakai lagi. Saya akan membahas sedikit tentang sejarah terciptanya Google.


Menurut beberapa sumber di internet, proses terciptanya mesin pencari, Google , berawal dari proyek penelitian dua mahasiswa Universitas Stanford yang bernama Larry Page dan Sergey Brin pada tahun 1996. Google menjadi popular diantara pengguna internet karena desainnya yang sederhana dan hasil pencariannya yang relevan. Kita hanya mengetik beberapa kata kunci di kolom pencarian dan jika kita tekan enter, beberapa hasil pencarian Google akan muncul di layar monitor kita sesuai dengan kata kunci yang kita masukan tadi.


Pada September 2001, mekanisme pemeringkatan Google (PageRank) diberikan hak paten Amerika. Hak paten tersebut diberikan secara resmi kepada Leland Stanford University dan mencantumkan nama Lawrence Page sebagai sang pencipta.
Pada Februari 2003, Google membeli Pyra Labs, pemilik Blogger, sebuah situs web pionir dan pemimpin hosting weblog. Akuisisi ini tampak tidak konsisten dengan misi umum Google, namun langkah ini membuat Google dapat menggunakan informasi dari posting-posting blog untuk memperbaiki kecepatan dan relevansi artikel-artikel di Google News.


Dari beberapa situs yang terkenal di internet, menurut saya Google lah yang menduduki peringkat tertinggi. Hal ini didukung dari tugas Google sendiri sebagai mesin pencari. Jika kita ingin mencari informasi mengenai sesuatu, kita tinggal buka Google dan mengetik kata kunci dari informasi yang ingin kita ketahui.
Dari Google, kita beralih ke Facebook. Jaman sekarang siapa yang tidak mempunyai Facebook?? Hampir semua orang di dunia pernah dan sedang memainkan Facebook. Facebook adalah suatu jejaring sosial yang sangat terkenal di dunia. Tempat dimana kita bisa bertemu orang-orang yang sudah lama tidak kita temui.
Facebook pertama kali online pada tanggal 4 Februari 2004 dan diprakarsai oleh Mark Zuckerberg. Mark membuat Facebook sebagai media internal untuk saling mengenal bagi para mahasiswa Harvard.


Hebatnya dalam waktu dua minggu setelah diluncurkan, separuh dari semua mahasiswa Harvard telah mendaftar di Facebook.com dan memiliki account di Facebook. Tak hanya itu, beberapa kampus lain di sekitar Harvard pun meminta untuk dimasukkan dalam jaringan Facebook. Zuckerberg pun akhirnya meminta bantuan dua temannya untuk membantu mengembangkan Facebook dan memenuhi permintaan kampus-kampus lain untuk bergabung dalam jaringannya. Dalam waktu 4 bulan semenjak diluncurkan, Facebook telah memiliki anggota 30 kampus dalam jaringannya.


Jumlah account di Facebook terus melonjak, sehingga pada pertengahan 2004 Friendster mengajukan tawaran kepada Zuckerberg untuk membeli Facebook seharga 10 juta US Dollar, dan Zuckerberg pun menolaknya. Zuckerberg sama sekali tidak menyesal menolak tawaran tersebut sebab tak lama setelah itu Facebook menerima sokongan dana lagi sebesar 12.7 jutaUS Dollar dari Accel Partners. Dan semenjak itu sokongan dana dari berbagai investor terus mengalir untuk pengembangan Facebook.
Selain menolak tawaran dari Friendster seharga 10 juta US Dollar, Zuckerberg juga pernah menolak tawaran dari Viacom yang ingin membeli Facebook seharga 750 juta US Dollar, dan tawaran dari Yahoo yang ingin membeli Facebook seharga 1 milyar US Dollar.


Pesona Facebook memang tak terbantahkan lagi. Hampir setiap orang yang memiliki akun ini, selalu meluangkan waktu dan pulsanya untuk memperbaharui status mereka atau bahkan hanya melihat timeline status teman-teman mereka.


Ternyata, bagi beberapa orang, Facebook adalah penolong mereka. Banyak orang yang telah menemukan keluarga mereka yang sudah lama terpisah di Facebook. Salah satunya adalah cerita dari Gorontalo. Seperti dikutip dari id.news.yahoo.com, peristiwa ini bermula sejak tahun 1947, Nurlianti Dehi berpisah dengan kakaknya, Anton Dehi. Ketika itu, Anton pamit untuk merantau ke Manado, Sulawesi Utara. Selama dua tahun dua kakak beradik itu tak berkomunikasi. Bahkan, wanita yang memimpin sebuah travel itu menjadi putus asa karena kehilangan jejak.


Harapan bertemu Anton juga menjadi kerinduan kemenakannya, Risna. Melalui facebook, ia coba melacak keberadaan sang ayah. Salah satunya, dengan mencari anggota bermarga Dehi. Seorang facebooker yang berdomisili di Gorontalo mengaku tahu keberadaan Anton. Pria itu berada di Jombang, Jawa Timur.


Nurlianti dan Risna berhasil mendapatkan nomor telepon genggam Anton. Dan pencarian Nurlianti berakhir, ketika ia bercakap-cakap dengan Anton di ujung telepon. Cerita kehidupan keluarga semasa kecil membuat keduanya larut dalam haru dan tangis. Dalam waktu dekat, keluarga Nurlianti akan mengunjungi Anton.


Kisah dramatis yang lain dating dari negeri Paman Sam, Amerika Serikat. Kisahnya yang dimuat di detikinet.com ini berawal ketika Dana Lowrey (41 tahun) yang mencari kedua orangtua kandungnya setelah 30 tahun lalu ia diadopsi orang lain. Setelah hampir putus asa mencari keberadaan mereka, Lowrey kemudian memutuskan membuat akun Facebook dan meminta komunitas adopsi untuk membantunya.


Keinginannya tercapai. Hanya dalam waktu 24 jam, Lowrey kemudian menemukan ibu kandungnya, Maria Stark. Lima hari kemudian, masih menggunakan situs yang sama, ia menemukan ayah biologisnya, Kenny Morse.


Lowrey yang berprofesi sebagai perawat, sebelumnya juga pernah menggunakan situs jejaring sosial MySpace untuk melacak keberadaan putranya, Tim Daugherty, yang diadopsi oleh keluarga lain 19 tahun yang lalu.


"Dulu saya pernah berjanji tidak akan menghubungi anak saya sampai ia berusia 18 tahun," tutur Lowrey. "Ketika pertama kali memikirkan untuk mencoba menemukannya, saya pikir akan berakhir buruk."


"Ibu angkatnya menyuruhku untuk bersabar karena mereka belum siap menerimaku. Namun ketika mereka siap, ia membalas pesanku di MySpace dan dua bulan kemudian kami bertemu," tambahnya.


Peristiwa dramatis ini membuktikan kualitas Facebook sebagai social network yang jempolan. Yang telah memberikan kontribusi yang nyata kepada masyarakat dunia, khususnya para pengguna Facebook.


Kini, Facebook telah dianggap sebagai ancaman bagi beberapa orang yang kontra dengan perkembangan teknologi. Pasalnya, perkembangan teknologi yang terjadi saat ini mengurangi nilai sosial masyarakat, khususnya masyarakat Indonesia. Intensitas pertemuan seseorang menjadi berkurang karena orang-orang lebih memilih media Facebook. Padalah, bertatap muka sangat penting demi menjaga nilai persatuan dan persaudaraan yang sudah lama menjadi kebangaan bangsa Indonesia.


Perkembangan teknologi memang sangat pesat. Bahkan tidak sedikit orang yang bisa membaca peluang berbisnis lewat internet. Meraup rupiah hanya dengan duduk manis di depan komputer. Salah satu situs yang terkenal dengan bisnis onlinenya adalah kaskus.


Penjelasan tentang kaskus saya dapatkan dari situs kaskus sendiri. Awalnya, kaskus dibuat oleh Andrew Darwis pada tahun 1999 ketika ia masih bersekolah di Amerika untuk memenuhi tugas kuliah mereka. Konsep awal kaskus sebenarnya adalah situs yang mampu mengentaskan dahaga mahasiswa Indonesia di luar negeri akan kampung halaman melalui berita-berita Indonesia. Karena Darwis dan kawan-kawan tidak ada yang bisa menulis berita, maka mereka biasa me-repost berita-berita tentang Indonesia dari CNN.


Kaskus sempat vakum selama 8 bulan karena beberapa teman seperjuangan Darwis mengundurkan diri karena mereka menganggap kaskus sama sekali tidak menghasilkan keuntungan, hanya menghabiskan waktu saja. Apa boleh buat, sejak saat itu Andrew Darwis berjuang sendiri.


Antusias kaskuser di Indonesia sendiri sangat banyak. Oleh karena itu, Darwis mengaktifkan kembali kaskus dengan konsep berbeda. Situs ini tak lagi diisi oleh berita-berita CNN, melainkan menjadi sebuah forum di mana tulisan-tulisan diposting sendiri oleh para kaskuser.


Dibukanya kebebasan bagi para member untuk memposting tulisan mereka, membuat kaskus kebanjiran konten-konten porno. Hal ini yang mendorong Darwis untuk menyediakan rubrik khusus berbau seks dengan nama BB-17. Sejak saat itu diakui Darwis, kaskus identik dengan situs porno, padahal masih banyak rubrik lain yang bermanfaat.


Namun, di tahun 2008 ketika kembali ke Indonesia, pada saat bersamaan terbit UU ITE. Sebagai bentuk kesadaran, Darwis mengambil keputusan untuk menghapuskan BB-17 dan membersihkan kaskus dari konten porno. Anehnya pengunjung kaskus bukannya berkurang tapi malah bertambah terutama member perempuannya.


Dari sebelumnya hanya 400 ribu pengguna meningkat menjadi 1.400 ribuan pada 2010. Selain itu 95% server yang digunakan kaskus dipindahkan dari Amerika ke Indonesia untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas akses pengguna.


Seiring dengan bertambahan jumlah kaskuser, konsep situs kaskus pun mulai cenderung berubah sebagai market place. Lambat laun banyak yang menggantungkan hidupnya dengan berjualan di kaskus.


Seorang kaskuser ada yang menjual keripik pisang di kaskus dan jualannya sangat laku hingga 3.000 order per hari, tak hanya itu ada pula yang kerjaannya menjual kamera di kaskus dan setiap minggu dia bisa menghasilkan omset hingga 100 juta rupiah.


Demi mempertahankan member yang sudah ada, Darwis dan kawan-kawan memiliki trik tersendiri. Mereka berusaha untuk mendekatkan diri kepada para member dan mau mendengarkan serta merespon keluhan yang mereka sampaikan dengan baik.


Saat ini, jika seseorang ingin membeli sesuatu, tidak harus pergi ke tempat tujuan atau pasar terdekat. Misalnya, jika seseorang yang ingin membeli laptop dengan spesifikasi tertentu dengan harga yang pas, tidak harus pergi ke mangga dua atau glodok. Hanya dengan duduk manis di depan layar monitor anda, anda bisa memperoleh informasi yang anda inginkan. Di dalam kaskus banyak kaskuser yang membuka lapak-lapak yang sangat menarik. Kita hanya mengetikkan kata apa yang kita cari di kotak pencarian. Jika anda telah mendapatkan barang yang pas, anda tidak perlu bertemu langsung dengan penjualnya. Anda hanya diminta untuk mentransfer uang seharga barang yang anda inginkan. Jika pernjual sudah menerima, ia akan mengirimkan kepada anda lewat pos atau semacamnya.


Pro kontra tentang perkembangan teknologi, terutama internet adalah hal yang wajar. Yang harus kita lakukan adalah menerima teknologi tersebut tanpa meninggalkan tradisi. Artinya kita tidak hanya terpaku ke dalam dunia maya, tapi sesekali kita juga harus keluar dari dunia maya, untuk berinteraksi dengan masyarakat di dunia nyata.


Demikianlah paper ini saya buat atas pendapat saya tentang sosial network yang sudah meluas ke seluruh dunia. Mohon maaf jika ada kesalahan dalam pembuatan paper ini. Anda, para pembaca, berhak untuk setuju atau tidak setuju dengan pendapat saya di atas. Karena kebebasan berpendapat adalah hal yang wajib ada di Negara demokratis seperti Indonesia.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jika sekiranya informasi yang saya berikan berguna buat kalian, silahkan isi kotak komentarnya :D