APAKAH ADA YANG SALAH DENGAN TRADISI KITA?

on Kamis, 11 November 2010
Indonesia adalah sebuah negara yang besar. Negara berpenduduk terbesar ketiga di dunia. Negara berpenduduk muslim terbesar di dunia. Negara kepulauan terluas dan terbesar di dunia. Salah satu negara pengekspor tenaga kerja terbesar di dunia. Salah satu negara terkorup di dunia. Negara yang memiliki keanekaragaman hasil laut terlengkap di dunia. Salah satu negara yang memiliki hutan hujan tropis terluas di dunia. Negara yang memiliki satu-satunya hewan purba yang masih hidup hingga saat ini, yaitu Komodo Dragon. Negara yang memiliki gunung berapi paling aktif di dunia, yaitu gunung Merapi yang sampai saat ini masih menunjukkan kekuatannya. Salah satu negara penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Salah satu negara penghasil bahan tambang terbesar di dunia. Pulau irian jaya, pulau kalimantan, dan pulau sumatera, masuk kategori salah satu pulau terbesar di dunia. Pulau jawa adalah pulau terpadat di dunia. Negara yang memiliki keanekaragaman suku terbanyak di dunia. Negara yang memiliki keanekaragaman bahasa terbanyak di dunia.

Indonesia tidak terlalu dikenal di mata dunia. Yang bisa dikenal oleh dunia hanya Bali atau Java (Jawa). Bali dan Jawa sangat terkenal di mata dunia karena keindahan alamnya yang tidak diragukan lagi keindahannya. Terutama di Bali, banyak wisatawan mancanegara yang menghabiskan waktunya di Indonesia untuk berlibur dan menikmati keindahan pantai pulau dewata ini. Indonesia terletak diantara samudera Pasifik dan samudera Hindia. Indonesia juga terletak diantara benua Asia dan Benua Australia. Wilayah yang bisa dibilang sangat strategis di dunia internasional. Faktor wilayah Indonesia yang sangat strategis ini sangat menguntungkan Indonesia di bidang perekonomian dunia. Bahkan salah satu tujuan kunjungan kenegaraan presiden Amerika Serikat, Barack Obama ke Indonesia (9-10/11), adalah ingin meningkatkan kerjasama di bidang ekonomi karena menurut Obama Indonesia adalah negara yang patut diperhitungkan untuk berinvestasi karena lokasinya yang sangat strategis di peta dunia. Dan salah satu faktor banyak orang asing yang berinvestasi di Indonesia karena penduduknya yang lebih dari dua ratus juta jiwa yang akan sangat menguntungkan bagi para investor.

Inilah Indonesia, di sinilah kita lahir, di sinilah kita tumbuh, dan di sinilah kita mati kelak. Kita patut bersyukur kepada Allah swt karena kita telah dilahirkan di bumi pertiwi. Karena salah satunya adalah banyak orang-orang yang beranggapan bahwa Indonesia adalah surga dunia karena segala apa yang kita perlukan ada di dalamnya, dan itu terbukti.

Tidak ada yang sempurna, termasuk Indonesia. Ternyata, dibalik semua itu, Indonesia belum benar-benar aman dari bencana. Bahkan Indonesia merupakan negara yang paling rawan terkena bencana. Ini disebabkan karena Indonesia berada di jalur patahan bumi aktif yang selalu bergerak. Jika patahan ini bergerak, maka Indonesia akan mengalami gempa atau bahkan tsunami. Di Indonesia juga terdapat banyak gunung berapi akif hampir di setiap pulaunya. Semua gunung itu berpusat di gunung Merapi yang berada di Jawa Tengah. Pernah di abad ke delapan belas, sebuah gunung berapi di kawasan selat sunda yang bergejolak. Gunung itu bernama gunung Krakatau. Banyak korban jiwa yang menjadi korban peristiwa ini. Bayangkan, sebuah gunung yang berada di tengah lautan meletus. Apa yang akan terjadi? Terjadi tsunami yang maha dahsyat yang meluluh-lantahkan kawasan sekitar Krakatau. Ternyata, tidak hanya letusan gunung Krakatau yang sangat menggegerkan dunia. Jauh sebelum Krakatau meletus, sebuah gunung di kawasan Nusa Tenggara yang bernama gunung Tambora, meletus. Dampaknya bias dirasakan oleh masyarakat dunia. Terutama di kawasan Eropa dan Amerika Utara, terjadi musim dingin sepanjang tahun yang mengakibatnya hasil panen gagal. Sehingga terjadi kelaparan dimana-mana. Hal itu disebakan oleh abu gunung Tambora yang menutupi seluruh atmosfer bumi sehingga sinar matahari tidak bias menembusnya. Masyarakat Eropa dan Amerika Utara, bahkan masyarakat dunia sangat khawatir jika gunung Tambora meletus. Karena tidak hanya masyarakat sekitar yang merasakan dampaknya, masyarakat dunia pun ikut merasakan kehebatan letusan ini.

Namun kini Indonesia sedang diuji oleh Sang Maha Kuasa. Bertubu-tubi musibah menghantam bumi Indonesia. Banjr bandang di Wasior, Papua. Gempa dan tsunami di kepulauan Mentawai, Sumatera Barat. Dan yang saat ini masih terus terjadi adalah erupsi gunung Merapi di Jawa Tengah yang terus mengeluarkan lava pijar dan awan panas atau masyarakat sekitar biasa menyebutnya wedus gembel. Banyak korban yang kehilangan harta benda dan ternak mereka. bahkan nyawa keluarga mereka pun hilang diterjang bencana. Ada banyak jasad korban Merapi yang belum ditemukan dan masih dicari oleh semua pihak.

Dalam tulisan saya kali ini, saya tidak akan membahas tentang Indonesia secara umum atau bahkan kedatangan Barack Obama ke Indonesia yang sangat menggegerkan yang tidak sampai dua puluh empat jam di Indonesia. Saya akan membahas sesuatu yang menurut saya unik.

Beberapa hari yang lalu, saya menyaksikan sebuah liputan gunung Merapi di sebuah acara infotainment. Saya heran, bukankah infotainment seharusnya menayangkan liputan tentang dunia selebritis yang glamor yang selalu mencari sensasi? Yang memberitakan tentang kemunafikan para selebritis, tentang perselingkuhan para selebritis, tentang perkara yang dibuat para selebritis. Mereka melakukan semua itu demi satu tujuan, yaitu agar mereka tetap eksis di dunia hiburan Indonesia. Jarang sekali ada pemberitaan selebritis yang memberitakan tentang prestasinya, bahkan mungkin infotainment lebih suka memberitakan sesuatu yang memiliki sensasi.

Jika ada bencana yang terjadi di Indonesia, infotainment tidak ingin kalah dengan acara berita lain. Mereka menampilkan liputan bencana tersebut dan meminta tanggapan sejumlah selebritis ibukota. Para selebritis itu pun memberikan pendapatnya tentang bencana Merapi tersebut. Menurut pengamatan yang saya amati selama ini, biasanya di akhir acara bencana yang tengah diberitakan selalu dihubung-hubungkan dengan kiamat dan meminta para penonton untuk berintrospeksi diri tentang musibah yang terjadi. Di sinilah sisi positifnya. Menurut saya pesan ini sangat baik agar para penonton bisa berintrospeksi diri terhadap apa yang telah mereka lakukan kepada bumi ini sehingga bumi bisa seperti ini.

Namun, salah satu sisi negatifnya adalah bahwa akhir-akhir ini infotainment berkesan menakut-nakuti para penonton tentang pemberitaan bencana yang sepertinya dilebih-lebihkan dan selalu menghubung-hubungkan dengan kedatangan kiamat yang sangat meresahkan masyarakat. Lain halnya jika liputan seperti itu ditayangkan di acara berita yang sudah pasti keakuratannya. Mungkin acara infotainment itu ingin menaikan ratingnya dengan pemberitaan bencana yang sedikit ditambahkan sesuatu yang dilebih-lebihkan. Salah satu contohnya adalah pemberitaan tentang sebuah pesan singkat yang telah beredar luas di sekitar Yogyakarta yang berisi peringatan yang intinya agar masyarakat sekitar gunung Merapi berhati-hati karena awan panas akan menghancurkan kota Yogyakarta. Saya tidak mengada-ada tentang hal ini. Saya menyaksikan secara langsung pemberitaan tentang pesan singkat yang sangat meresahkan masyarakat Yogyakarta ini. Setelah acara infotainment itu habis dan telah berganti program yang lain, secara tidak sengaja saya menemukan sesuatu yang menarik. Stasiun TV yang menayangkan acara infotainment itu memunculkan running teks yang menyatakan permintaan maaf acara infotainment tersebut karena telah membuat masyarakat Yogyakarta resah karena liputan “pesan singkat” tersebut. Bagaimana pendapat anda tentang infotainment yang satu ini? Sekali lagi, saya tidak mengada-ada. Ini adalah fakta yang tidak saya lebih-lebihkan.

Dalam acara infotainment itu, saya menyaksikan suatu liputan tentang gunung Merapi yang sedang aktif mengeluarkan isi perutnya. Saya sangat miris melihat liputan itu. Semua orang memakai masker. Tubuh mereka tertutupi oleh abu. Mereka berlarian turun gunung untuk menghindari terjangan awan panas yang saat itu sedang turun dari puncak Merapi. Abu gunung Merapi sangat berbahaya. Semakin halus tekstur abu

Merapi, maka akan semakin berbahaya. Jika kita hanya melihatnya secara mata telanjang memang hanya seperti debu biasa. Namun jika kita perbesar dengan mikroskop, tekstur debu itu sangat tajam di pinggirannya. Jika kita menghirup terlalu banyak debu ini, system pernapasan kita akan terganggu, terutama paru-paru kita. Debu Merapi ini merobek lapisan alveolus. Banyak korban yang meninggal karena debu ini, terutama bayi dan balita.

Suasana sekitar sangat mencekam. Hujan abu membanjiri layar televisi saya saat itu seakan saya ikut serta mengalami situasi genting seperti itu. Di liputan itu, saya melihat ada beberapa masyarakat sekitar gunung Merapi yang enggan untuk turun dan mengungsi. Para relawan dengan segenap kekuatan mencoba membujuk mereka supaya mau turun daan mengungsi seperti masyarakat lain. Masyarakat sekitar beranggapan bahwa awan panas yang sedang meluncur itu tidak akan menghantam rumah mereka. Mereka juga takut kehilangaan harta benda mereka, terutama hewan ternak mereka yang telah mereka peliihara bertahun-tahun. Jika hewan ternak mereka ditinggalkan, mata pencaharian mereka juga akan terancam. Karena mayoritas masyarakat sekitar gunung Merapi berprofesi sebagai peternak. Orang-orang seperti ini, sangat merepotkan para relawan Merapi saat itu. Bahkan para relawan harus mengevakuasi paksa masyarakat yang bersikeras tidaak ingin mengungsi. Acara infotainment itu bak sebuah film horror yang sangat mencekam. Warga yang tidak ingin dievakuasi menjerit dan meronta dalam pegangan para relawan yang menggiring mereka menuju mobil evakuasi Ditambah lagi suara narrator yang sangat jelas menambah kehororan acara tersebut.

Jika kita bicara gunung Merapi, pasti kita kaitkan dengan Mbah Maridjan. Seorang kakek yang sangat kontroversional dan sangat terkenal tidak hanya di Indonesia, bahkan di mata dunia. Seorang kakek yang berprofesi sebagai juru kunci gunung Merapi, kadang sesekali kita menemukannya disebuah iklan produk minuman energi dengan slogan yang sangat khas, “ROSO”. Seorang kakek yang sangat berani dan setia dengan pekerjaannya. Disaat masyarakat sekitar gunung Merapi sibuk berlarian menuruni gunung untuk menyelamatkan diri. Beliau malah berpikir sebaliknya. Mbah Maridjan tidak ingin turun gunung meskipun dibujuk berkali-kali oleh para relawan saat itu. Ia bersikeras untuk tidak mengkhianati dan berpaling dari gunung Merapi. Mbah Maridjan sangat loyal dengan amanat yang diembannya dari Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Namun, awan panas semakin dekat dan terus mendekat hingga Mbah Maridjan beserta para relawan yang ingin mengevakuasinya ikut terkubur awan panas yang ditaksir bersuhu sekitar tiga ratus derajat celsius. Mbah Maridjan tewas dengan posisi sedang besujud. Para relawan dan masyarakat sekitar yang berniat membujuk Mbah Maridjan untuk turun juga ikut menjadi korban keganasan awan panas. Mereka tidak sempat menyelamatkan diri karena mereka sedang menunggu Mbah Maridjan selesai menunaikan sholat. Malang tak dapat ditolak, untung tak dapat diraih. Semua yang terjadi sudah ada yang mengaturnya.

Yang uniknya lagi, di acara infotainment tersebut, ditampilkan sebuah foto yang menggambarkan kumpulan awan panas yang membentuk sebuah kepala yang mirip dengan tokoh pewayangan jawa, awan panas itu mirip sosok kepala Petruk. Masyarakat sekitar biasa memanggilnya Mbah Petruk.
Menurut masyarakat sekitar, Mbah Petruk konon adalah penjaga gunung Merapi.Masyarakat beranggapan bahwa Mbah Petruk marah karena manusia banyak yang merusak alam sehingga Mbah Petruk membalasnya dengan bencana Merapi. Saat itu, pose awan yang menyerupai sosok Mbah Petruk ini sedang mengarah ke arah selatan, ke arah Keraton Kesultanan Yogyakarta. Sekali lagi masyarakat beranggapan bahwa awan panas ini akan menghancurkan Keraton Kesultanan Yogyakarta yang memang berada di sebelah selatan gunung Merapi. Namun hingga saat ini ramalan tersebut belum sepenuhnya terbukti.

Di Yogyakarta sendiri, ada tiga kawasan yang sangat kental sekali kekuatan magic-nya. Gunung Merapi, Keraton Kesultanan Yogyakarta, dan Pantai Selatan. Tiga kawasan ini berjejer melintang membentuk garis lurus dengan gunung Merapi di bagian utara dan Pantai Selatan di sebelah selatan, sedangkan Keraton Kesultanan Yogyakarta berada diatara gunung Merapi dan Pantai Selatan. Ketiga tempat itu dianggap keramat oleh masyarakat Jawa, terutama masyarakat Yogyakarta.

Tidak diragukan lagi, orang jawa sangat kuat memegang adat istiadat. Salah satu adat istiadat itu adalah sebuah ritual. Contoh sederhana adalah jika ada seseorang yang ingin melaksanakan perkawikan adat jawa, biasanya melakukan sebuah ritual-ritual agar acara pernikahan bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Salah satunya adalah dengan memberikan sesajen berupa kembang tujuh rupa dan sejenisnya. Saya juga pernah menyaksikan ritual ini ketika ada kerabat saya yang ingin mengadakan pernikahan. Semua ritual itu dipimpin oleh “orang pintar” yang biasanya sudah sepuh (lanjut usia). Mungkin anda, para pembaca pernah menyaksikannyaa atau bahkan pernah mengalaminya. Apakah ada tidaknya ritual itu dalam suatu pernikahan akan mempengaruhi pernihakan itu sendiri? Saya sendiri tidak tahu apa sebenarnya tujuan dilaksanakannya ritual tersebut. yang saya tahu itu adalah sebuah tradisi jawa yang harus dilaksanakan oleh orang jawa yang ingin menikah dan. Kerika saya bertanya kepada orang tua saya tentang hal ini, orang tua saya hanya mengatakan bahwa ritual ini adalah sebuah tradisi.

Menurut pandangan agama, bukankah ritual semacam itu bisa dikatakan musyrik? Berarti orang yang melaksanakan ritual semacam itu apakah termasuk orang yang murtad? Saya pribadi menganggap ritual semacam itu adalah musyrik. Karena orang yang melaksanakan ritual itu telah menyekutukan Allah swt. Saya juga tahu kerabat saya itu beragama islam. Mereka melakukan ritual tersebut demi kelancaran acara pernikahan. Lalu mengapa mereka tidak memiinta langsung kepada Allah swt agar diberikan kelancaran acara pernikahan itu? Mereka malah mengadakan ritual yang menurut saya tidak berarti apa-apa. Namun, inilah tradisi jawa. Saya juga sulit mempertimbangkan apakah ritual semacam itu diperkenankan atau tidak.

Saya lahir dari dua orang jawa. Berarti saya juga termasuk orang jawa. Orang tua saya sering mengatakan “pamali” jika saya sedang melakukan sesuatu yang mereka anggap ganjil. Salah satu mitosnya adalah ketika saya sedang memotong kuku di malam hari. Orang tua saya berkata bahwa memotong kuku itu pamali. Mereka beranggapan jika ada seseorang yang memotong kuku di malam hari, berarti orang itu mendoakan kedua orang tuanya untuk mati. Saya geleng-geleng kepala dan berkata dengan lantang bahwa itu tahayul. Saya pun bertanya kepada kedua orang tua saya apakah ada bukti yang konkret bahwa orang yang memoong kuku di malam hari, kedua orang tuanya akan mati. Mereka pun menjawab bahwa mereka juga belum bisa membuktikan hal tersebut. Para orang tua meyakini hal tersebut karena mitos seperti itu juga telah disampaikan oleh orang tua sebelumnya dan telah menjadi sebuah tradisi yang telah mandarah-daging.
Bukannya saya tidak percaya, saya hanya heran. Mengapa para orang tua yang terdahulu beranggapan bahwa memotong kuku di malam hari berarti mendoakan kedua orang tuanya untuk segera mati. Mungkin di masa lalu ketika ada anak yang memotong kukunya di malam hari tiba-tiba kedua orang tuanya meninggal dunia. Ini merupakan kebetulan semata yang mungkin dipandang secara berbeda oleh orang lain dan menganggap itu adalah sebuah tahayul yang harus dihindari. Padahal hidup mati seseorang ada di tangan Allah swt. Bukan di tangan suatu tahayul atau mitos. Saya telah berkali-kali memotong kuku di malam hari dan tidak ada pengaruh apa-apa terhadap kedua orang tua saya. Alhamdulillah mereka masih bugar sampai saat ini.
Andaikan salah satu atau keduanya meninggal di saat saya sedang memotong kuku di malam hari, saya anggap itu adalah sebuah kebetulan semata yang telah ditakdirkan demikian oleh Sang Maha Pencipta.

Apakah anda perhatikan menjelang pergantian tahun hampir semua acara infotainment di seluruh stasiun
televisi di Indonesia pasti sibuk berkompetisi menampilkan liputan tentang ramalan tahun depan. Banyak narasumber yang ikut serta dalam liputan ini mulai dari seseorang yang mempunyai indera keenam atau indigo, pembaca kartu tarot, dukun, paranormal, dan lain-lain. Mereka menjebarkan apa saja yang terjadi di tahun depan. Apakah ada bencana yang terjadi di indonesia? Apakah ada artis yang menikah tahun depan? Apakah ada artis yang cerai tahun depan? Siapakah presiden baru di tahun depan? Apakah ada kejadian yang menggeparkan di tahun depan? Semua pendapat sang peramal ditungkan dalam liputan tersebut. Peramal itu tidak memaksa kita mengiyakan ramalan mereka. Mungkin peramal itu berniat untuk menyuruh masyarakat untuk bersiap menghadapi tahun depan. Semua orang berhak mempercayai atau tidak sama sekali. Namun, dampak yang terjadi ketika peramal tersebut membeberkan ramalan yang belum tentu benar adalah kita tersugesti oleh ucapan peramal itu sehingga kita diliputi oleh perasaan was-was dan tidak percaya diri menghadapi tahun depan. Ini tidak baik karena akan membatasi pekerjaan kita dan pekerjaan kita tidak akan maksimal. Seharusnya, kita tidak terlalu mempercayai pandapat para peramal tersebut. karena masa depan adalah rahasia Allah swt.

Anda pasti pernah melihat iklan para peramal yang mempromosikan ramalannya melalui registrasi pesan singkat. Menurut saya itu bohong besar. Peramal dan provider yang bekerja sama hanya ingin menguras pulsa masyarakat. Saya pernah membaca di suatu forum di internet yang membahas pengaduan tentang iklan semacam ini karena merasa telah ditipu. Orang ini pernah registrasi dengan nomory ang berbeda. Hasilnya adalah isi pasan singkat di nomor yang satu sama persis dengan isi pesan singkat di nomor yang lain. Padahal, ia telah mencantumkan nama dan tanggal lahir yang berbeda. Seharusnya kita bisa berpikir secara rasional dan bisa membedakan mana yang absurd dan mana yang nyata. Sekali lagi, saya tidak ingin menghasut anda, para pembaca untuk menghindari layanan pesan singkat semacam ini karena anda mempunyai hak untuk melakukan sesuatu yang anda inginkan sesuai dengan batasan yang wajar. Disini, saya hanya ingin menyampaikan pendapat saya dan saya hanya menghimbau untuk berpikir ulang jika anda ingin ikut berpartisipasi dalam layanan ramalan pesan singkat semacam ini.

Ternyata ada ramalan yang lain, yaitu ramalan bintang. Biasanya para remaja selalu mengikuti ramalan bintang ini setiap minggunya. Ramalan ini cukup unik karena ramalan ini dikelompokkan menjadi dua belas ramalan bintang. Capricorn, Aquarius, Pisces, Aries, Taurus, Gemini, Cancer, Leo, Virgo, Libra, Scorpio, dan Sagitarius. Nama-nama tersebut memang diambil dari berbagai gugusan bintang di galaksi kita. Galaksi Bima Sakti.

Sepengetahuan saya, ramalan bintang terdiri dari ramalah kesehatan, ramalan keuangan, dan ramalan cinta atau asmara. Banyak orang yang secara tidak sengaja merasa ramalan tersebut benar karena sesuai dengan kenyataannya. Namun, saya tidak terlalu mempercayainya dan saya hanya menganggap ramalan bintang itu sebagai hiburan semata. Orang yang secara kontinu merasa ramalan bintangnya terbukti, orang tersebut akan terus mengikuti ramalan selanjutnya karena diliputi rasa penasaran tentang apa yang akan terjadi selanjutnya.
Menurut saya, hidup tidak akan seru jika kita telah mengetahui apa yang ada di dalamnya. Lakukan saja apa adanya dan kita akan menemukan kebenaran setelah kita melewatinya.

Hal yang paling parah dilakukan oleh masyarakat adalah melakukan pesugihan. Mereka memuja-muja setan supaya keinginan mereka bisa terwujud. Orang semacam ini sudah tidak diakui oleh Allah swt sebagai seorang muslim. Orang semacam ini adalah orang yang murtad tanpa dia sadari karena dia telah melakukan dosa yang besar, yaitu menyekutukan Allah swt padahal dia mengaku sebagai seorang muslim.

Biasanya orang-orang yang ingin melakukan pesugihan memberikan sebuah sesajen atau semacamnya yang dipersembahkan kepada setan atau makhluk halus di tempat yang mereka anggap keramat. Orang-orang ini telah dibutakan mata hatinya. Mereka hanya ingin hidup enak di dunia yang sementara ini tanpa memikirkan kehipan akhirat yang kekal di dalamnya. Bahkan di suatu hotel di kawasan Anyer menyediakan satu ruangan khusus untuk orang yang mereka anggap spesial. Pasti anda pernah mendengar kisah Nyi Roro Kidul bukan?

Tokoh ini sangat terkenal karena kisahnya yang menjaga laut selatan jawa.
Hotel tersebut menyediakan ruangan khusus hanya untuk Nyi Roro Kidul. Saya tidak tahu alasan hotel tersebut menyediakan ruangan itu untuk Nyi Roro Kidul untuk apa. Apakah untuk keselamatan para pegawai hotel tersebut atau ingin promosi secara tidak langsung karena banyak orang-orang yang ingin menyaksikan keangkeran ruangan itu. Ruangan itu serba hijau. Mulai dari dinding, lantai, ornamen-ornamen, dan barang-barang lain yang ada di dalamnya. Konon, jika kita sedang main di kawasan pantai selatan, kita kitak diperkenankan mengenakan pakaian berwarna hijau karena Nyi Roro Kidul sangat menyukai warna hijau dan konon orang tersebut akan “diculik” dan dibawa ke dalam lautan, alias tenggelam terbawa arus pantai selatan.

Masyarakat Indonesia, khususnya masyarakat jawa memang mempercayai hal-hal yang seperti ini karena mereka menganggap ini adalah sebuah tradisi yang sudah turun temurun mendarah daging dan harus mereka ikuti demi keselamatan mereka. Lalu permasalahannya mengapa tradisi-tradisi yang biasa kita lakukan lebih mengarah ke arah sesat? Menyekutukan Allah swt. Lalu bagaimana kita menyikapinya secara bijak?

Kita harus bisa memilih mana yang benar dan mana yang salah. Dekatkanlah diri kita kepada Sang Pencipta jika kita ingin mengetahui apa yang benar dan yang salah. Karena Allah swt pasti akan membenarkan apa yang salah. Bagaimana menurut anda?

Demikianlah tulisan ini saya buat. Saya hanya ingin menyampaikan pendapat saya mengenai mitos yang terjadi di masyarakat. Saya juga tidak ingin menghasut para pembaca karena saya tidak berniat demikian. Jika ada tulisan saya yang menurut para pembaca salah, mohon disampaikan ke email saya atau bisa melalui berkomentar di blog saya.

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jika sekiranya informasi yang saya berikan berguna buat kalian, silahkan isi kotak komentarnya :D