Firefox OS Siap Menantang Android dan iOS iPhone

on Sabtu, 19 Januari 2013

Deutsche TelekomN Telenor, dan Etisalat, Sprint, Smart dan Telecom Italia, membuat Firefox OS hadir menantang OS mobile yang telah eksis terlebih dahulu seperti iOS pada iPhone dan Android.

Perkembangan dunia smartphone secara tidak langsung memunculkan persaingan pada sistem operasinya (OS). Saat ini, untuk persaingan OS masih dipegang Android disusul oleh iOS dari Apple, Windows Phone, Dan terakhir oleh BlackBerry.

Tak mau kalah, kali ini Mozilla yang telah berhasil membesarkan aplikasi browser (Firefox) berencana membuat dan mengembangkan sistem operasi mobile terbarunya dengan nama Firefox OS. Dalam dunia browser keberadaan Mozilla Firefox sangat dominan, berdasarkan data dari NetMarketshare, Firefox berada di posisi kedua di bawah Internet Explorer dari Microsoft, Dan unggul di atas Google Chrome.

Firefox OS ini sendiri merupakan seri lanjutan dari proyek "Boot to Gecko" dimana proyek ini telah di umumkan Mozilla pada 25 juli 2011 lalu. Proyek yang dikenal dengan sebutan B2G ini disediakan secara gratis dan terbuka, aplikasinya pun dikembangkan dengan teknologi HTML5, yang juga diciptakan untuk melengkapi fungsi Firefox OS.

Mozilla berharap software buatannya akan dirilis di Brazil melalui operator Telefonica pada bulan ini. Keberadaan Firefox OS ini memang menarik perhatian, bahkan vendor asal china, ZTE dan TCL ternyata juga siap merilis smartphone Firefox OS dengan prosesor Qualcomm Snapdragon.

Melalui Firefox OS, keberhasilan Mozilla dalam menciptakan software mungkin akan terulang kembali. Dengan menggunakan sistem operasi terbuka serta didukung oleh sejumlah operator dan produsen smartphone, hal ini menjadi poin plus bagi Firefox OS untuk memudahkan Mozilla bersaing dan mengalahkan raksasa Android yang juga menggunakan sistem OS terbuka (open source).

BERIKUT BEBERAPA BOCORAN TAMPILAN FIREFOX OS:

Tampilan Lockscreen dan Homescreen




Layar Firefox OS yang menampilkan beberapa notifikasi. Dibawahnya terdapat pilihan untuk membuka ponsel atau mengakses kamera.

Tampilan homescreen Firefox OS terlihat menarik dan minimalis. Menu-menu yang ada disusun dalam empat kolom dan berupa lingkaran.

Tampilan Telepon dan SMS




Tampilan telepon terlihat sederhana dan mudah digunakan. Bagian SMS juga terlihat simple berupa kotak-kotak chatbox yang menampilkan pesan dan keyboard QWERTY yang lengkap untuk mengetik.

Tampilan Daftar Kontak dan Telepon Masuk




Desain daftar kontak Firefox OS tampak minimalis. Seperti biasa, kontak disusun berdasarkan abjad dan memperlihatkan foto pemilik nomor. Ketika penggunanya menerima telepon, dibagian bawah terdapa pilihan akan menerima atau menolaknya.

Tampilan Kamera dan Browser




Tampilan kamera dari Firefox OS tidak banyak berbeda dengan pesaing lain, tombol kamera disudut kiri bawah untuk memotret. Demikian pula dengan browser-nya yang terlihat simple dan mudah digunakan.

sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah mengunjungi blog saya. Jika sekiranya informasi yang saya berikan berguna buat kalian, silahkan isi kotak komentarnya :D